Workshop Penyuntingan Artikel Ilmiah dengan LaTeX bagi Pengelola Jurnal UGM 2022

Rabu, 8 Juni 2022 BPP UGM menyelenggarakan workshop bertajuk “Penyuntingan Artikel Ilmiah dengan LaTeX” Tahun 2022 secara virtual. Kegiatan workshop ini ditujukan bagi para pengelola jurnal di UGM sebagai upaya meningkatkan pengetahuan pengelola jurnal UGM mengenai penggunaan LaTeX dalam penyuntingan artikel ilmiah khususnya pada bidang sains dan teknik.

Format standar berbasis LaTeX dalam publikasi artikel ilmiah kerap digunakan dalam proses penerbitan artikel di jurnal. Hal ini karena LaTeX dikenal sebagai salah satu sistem tata cetak yang memiliki kelebihan dalam menyajikan rumus-rumus matematika dan grafis yang kompleks. Pengguna LaTeX dapat membuat tampilan dokumen yang konsisten dan elegan tanpa mengeluarkan biaya dan usaha yang terlalu banyak. Oleh karena itu, penting bagi pengelola jurnal untuk memiliki kemampuan dalam mengoperasionalkan LaTeX, khususnya bagi pengelola jurnal bidang sains dan teknik yang banyak menghadapi penggunaan rumus dan tampilan grafis di manuskripnya.

Materi seputar pengantar, instalasi, dan dasar-dasar penggunaan LaTeX disampaikan dengan menarik oleh narasumber pada sesi pertama, yaitu Canggih Puspo Wibowo, S.T, M.Eng. dari Fakultas Teknik UGM. Tidak selesai hanya pada materi dasar, peserta juga diajak untuk langsung mempelajari praktik penggunaan LaTeX melalui sesi best practices dengan dipandu oleh narasumber pada sesi kedua, yaitu Wildan Ainurrahman, S.TP. yang merupakan managing editor jurnal AJSTD.

Acara dibuka oleh Kepala Subbidang Jurnal BPP UGM, Bapak Ide Yunianto, S.Si., M.Eng. yang menyampaikan harapan bahwa workshop yang diselenggarakan dapat meningkatkan pengetahuan pengelola jurnal UGM terkait penggunaan LaTeX, khususnya dalam penyuntingan jurnal ilmiah. Sebanyak 70 peserta yang merupakan pengelola jurnal khususnya bidang sains dan teknologi sangat antusias mengikuti workshop penggunaan LaTeX yang baru pertama diselenggarakan oleh BPP UGM.

Tags: 2022