Workshop Penggunaan Open Journal Systems (OJS) dan Standardisasi Website Jurnal UGM 2022

Rabu, 23 Maret 2022 Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) UGM menyelenggarakan workshop “Penggunaan Open Journal Systems (OJS) dan Standardisasi Website Jurnal UGM” secara virtual. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan workshop yang diselenggarakan BPP terkait pengelolaan jurnal. Workshop penggunaan OJS diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan pengelola jurnal mengenai dasar-dasar penggunaan OJS versi 3, standarisasi website jurnal UGM, dan manajemen penerbitan menggunakan OJS. Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta yang merupakan pengelola jurnal di UGM.

Dalam sambutannya, Kepala BPP UGM, Prof. Widodo, S.P., M.Sc., Ph.D. menyampaikan pentingnya pengelolaan jurnal online dengan OJS versi 3 untuk meningkatkan efisiensi dan visibilitas jurnal. Oleh sebab itu, pengelola jurnal diharapkan untuk memindahkan jurnalnya ke jurnal online UGM yang telah menggunakan OJS versi terbaru.

Workshop ini menghadirkan pembicara dari Tim Percepatan Jurnal UGM, yaitu: Andrian Dion Priadi, S.Kom. dan Winarsih, A.Md. sebagai narasumber serta Pradiastuti Purwitorosari, S.S. sebagai moderator. Peserta diberikan penjelasan secara rinci terkait dasar-dasar penggunaan OJS versi 3, standardisasi website jurnal, dan manajemen penerbitan jurnal dengan OJS 3. Pada sesi diskusi dan tanya-jawab, peserta terlihat antusias untuk menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi selama mengelola jurnal, khususnya terkait penggunaan OJS.

Acara ditutup oleh Kepala Subbidang Jurnal BPP UGM, Ide Yunianto, S.Si., M.Eng. yang menyampaikan informasi terkait layanan language-editing dan similarity-check yang disediakan oleh BPP bagi civitas akademika UGM, khususnya untuk kebutuhan pengajuan artikel ke jurnal ilmiah bereputasi.

Tags: 2022