SD Tumbuh 2 Berkenalan dengan UGM Press

Jumat pagi, 27 Mei 2022, serombongan murid kelas V dan VI SD Tumbuh 2 Wirobrajan Yogyakarta berkunjung ke UGM Press. Dalam kunjungan tersebut, para murid didampingi beberapa guru. Kunjungan ini disambut dengan penuh sukacita oleh pihak UGM Press. Kak Dimas, selaku Koordinator Pemasaran mewakili pihak UGM Press mengenalkan UGM Press kepada para murid. “Tanggal 17 Mei kan Hari Buku Nasional, tentu saja harus diperingati, agar adik-adik kita ini semakin semangat membaca,” ujar Kak Dimas.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan bincang-bincang bersama Divisi Penerbitan yang diwakili oleh Kak Didi dan Kak Siti, yaitu tentang cara membuat buku. Melalui slide bergambar, murid-murid diajak mengetahui bagaimana sebuah buku diproses, mulai dari awal berbentuk naskah, diedit oleh editor, di-layout, sampai didesain kovernya. Para murid juga aktif mengikuti game dan mendapatkan hadiah dari UGM Press.

Setelah itu, seluruh murid dibagi menjadi dua kelompok untuk mengamati dan belajar secara langsung mengenai proses penerbitan buku, mulai dari editing/koreksi bahasa, desain/layout, serta tahap produksi atau mencetak buku dan penjilidan. Tidak hanya itu, beberapa murid juga tertarik membeli buku di UGM Press Bookstore.

Menurut pihak SD Tumbuh 2, tujuan diadakannya kunjungan ini, selain meningkatkan minat baca para murid, diharapkan mereka juga dapat mengerti dunia penerbitan. “Semoga setelah ini anak-anak lebih mengenal profesi-profesi di dunia penerbitan dan semakin senang membaca. Apalagi di antara mereka ada yang hobi menulis. Membaca dan melihat langsung proses pembuatan buku pasti akan sangat membantu mereka dalam menekuni hobinya,” tutur Nurhidayah, salah satu guru SD Tumbuh 2.

Kunjungan ini diakhiri dengan doa serta pesan-kesan dan ucapan terima kasih dari Pak Iwan selaku pemandu acara. [Irwan-UGM Press/editor: Nanik]

Tags: 2022