International Conference on Science and Technology (ICST) 2020 Digelar Secara Virtual

Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) UGM kembali menggelar rangkaian UASC (UGM Annual Scientific Conference) tahun 2020. Rangkaian pertama UASC 2020 ialah ICST yang telah diselenggarakan untuk kali keenam. Pembatasan sosial akibat Pandemi Covid-19 di dunia menyebabkan ICST tahun 2020 kali ini diselenggarakan secara virtual pada 7 dan 8 September 2020. Sebagai konferensi yang rutin diselenggarakan, ICST memiliki kredibilitas yang baik bagi para peneliti untuk mempresentasikan hasil penelitiannya.

Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng., dalam sambutan pembukaan ICST 2020 menyampaikan bahwa penyelenggaraan konferensi UASC memberikan kebanggaan bagi UGM sebagai garda depan dalam memfasilitasi penyebaran hasil penelitian ilmu lintas disiplin. Meskipun diadakan secara virtual di tengah Pandemi Covid-19, ICST yang keenam ini membuktikan bahwa UGM konsisten dalam menjaga hubungan akademik internasional sehingga sukses dalam menghadirkan kolaborasi dengan mitra internasional, membentuk jaringan ilmiah, meningkatkan kehebatan penulis Indonesia di lingkup publikasi global, dan dengan pembaca global, serta menggarisbawahi UGM sebagai pembawa standar pengembangan ilmiah.

Selain kuantitas dan kualitas naskah yang terus ditingkatkan, narasumber yang dihadirkan dan publikasi luaran hasil konferensi pun selalu menjadi prioritas panitia dalam penyelenggaraannya. Pada tahun keenam ini ICST menghadirkan pakar di bidang sains dan teknologi dari empat negara, yaitu Jepang, Jerman, Inggris, dan Turki. Keenam narasumber tersebut ialah:

  1. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo (Chiba University, Jepang),
  2. Keisuke Ohto (Saga Univerity Jepang),
  3. Pitoyo Peter Hartono (Chukyo University, Jepang),
  4. Fatwa Firdaus Abdi (Helmholtz Zentrum Berlin, Jerman),
  5. Hui Luo (Imperial College London, Inggris), dan
  6. Nalan Kabay (Ege University, Turki).

Rangkaian UASC yang berlangsung secara virtual tahun ini memberikan tantangan tersendiri bagi BPP UGM dan segenap panitia. ICST tahun 2020 ini diikuti oleh peserta yang tersebar di 20 negara,  meliputi USA, India, Filipina, Afrika Selatan, Singapura, Rusia, Inggris, Mesir, Myanmar, Meksiko, Thailand, Qatar, Australia, Perancis, Tiongkok, Jepang, Taiwan, Turki, Jerman, dan tentu saja Indonesia. Untuk memfasilitasinya, secara khusus, BPP UGM telah melanggan aplikasi video webinar ZOOM dan bekerja sama dengan DSSDI UGM dalam memastikan jaringan internet yang stabil agar pelaksanaan ICST 2020 dapat berjalan lancar khususnya saat peserta mempresentasikan artikelnya. Dari 428 artikel yang masuk, 260 di antaranya dinyatakan lolos review untuk dipresentasikan. Presentasi artikel akan dikelompokkan ke dalam enam simposium, yaitu:

  1. Computer and Information Technology symposium
  2. Electronics, Power, Communication, Control, and Instrumentation symposium
  3. Life Sciences, Materials, and Applied Chemistry symposium
  4. Mechanical and Industrial Engineering symposium
  5. Remote Sensing and Geomatics symposium
  6. 1st Geoscience and Environmental Management symposium.

Artikel yang dipresentasikan pada ICST 2020 akan dipublikasikan di tiga publisher, yaitu:1) IEEE Xplore Digital Library, 2) Scientific.Net, dan 3) E3S Web of Conferences.  Sejak kali pertama diselenggarakan pada tahun 2015, hasil konferensi ICST telah diterbitkan di berbagai jurnal dan prosiding bereputasi, di antaranya: AIP Conference Proceeding; IEEE Conference Proceeding; ASEAN Journal of Chemical Engineering; IOP Proceeding Series; Journal of Medicine, Physiology and Biophysics; International Journal of Computer Science & Informating Technology; Proceeding of The Pakistan Academy of Science; IJ Geography; TransTech Publication; Applied Mechanics and Materials; UGM Digital Press; IJ Biotech; IJ Chemistry; E3S Web of Conferences; dan Material Science Forum. [Kiki]

 

Informasi selengkapnya dapat dilihat di https://icst.ugm.ac.id/2020/