Perpustakaan Biologi UGM Bekerja Sama dengan UGM Press Menyelenggarakan Bedah Buku “Tumbuhan Lumut di Kampus UGM”

Perpustakaan Fakultas Biologi UGM bekerja sama dengan UGM Press mengadakan bedah buku dengan judul “Tumbuhan Lumut di Kampus UGM”. Bedah buku dilaksanakan secara daring dan luring pada hari Jumat, 24 Juni 2022, bertempat di Auditorium Fakultas Biologi UGM untuk pelaksanaan secara luring, sedangkan untuk pelaksanaan secara daring dilakukan melalui Zoom meeting. Acara diawali dengan sambutan dari PJ Perpustakaan Fakultas Biologi UGM, Drs. Ign. Sudaryadi, M.Kes., dan juga sambutan dari Kepala Bidang Penerbitan dan Percetakan UGM Press, Dr. I Wayan Mustika, S.T., M.Eng. Selanjutnya, acara bedah buku secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Biologi, Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc. Narasumber pada diskusi bedah buku ini adalah Drs. Heri Sujadmiko, M.Si. Adapun reviewer yang dilibatkan adalah Prof. Dr. Purnomo, M.S., yang dipandu oleh Dr. Ratna Susandarini, M.Sc. sebagai moderator.

Buku “Tumbuhan Lumut di Kampus UGM” diterbitkan oleh UGM Press, dan dijabarkan secara langsung oleh penulisnya, yaitu Drs. Heri Sujadmiko, M.Si. dengan tampilan dan ulasan yang sangat menarik. Buku ini di-review oleh salah satu ahli sistematika tumbuhan dan etnobotani Fakultas Biologi UGM, yaitu Prof. Purnomo, M.S., dibawakan secara terstruktur dan mendetail, dan dihadiri serta disaksikan oleh 60 peserta luring dan 97 peserta daring. Selain itu, ada juga dari berbagai profesi dan praktisi dari jenjang pendidikan dan latar belakang yang tentunya tertarik dan peduli dengan topik bedah buku ini, yang terkait dengan keanekaragaman jenis lumut serta konservasinya.

Buku ini berisi pengenalan singkat mengenai tumbuhan lumut dan data keanekaragaman lumut yang disajikan dalam bentuk daftar flora, yang dilengkapi dengan dokumentasi foto morfologi, anatomi, peta persebaran tiap spesies, deskripsi sifat dan ciri, klasifikasi, serta kunci identifikasi. Inventarisasi lumut yang dipublikasikan dalam buku ini merupakan hasil penelitian penulis dan salah satu mahasiswanya, yaitu Pantalea Edelweiss Vitara, serta dibantu beberapa mahasiswa Fakultas Biologi lainnya.

Di akhir acara, narasumber, UGM Press, dan Biomart membagikan doorprize berupa buku, voucher belanja, dan sejumlah e-money kepada 10 audiens yang mengikuti acara secara daring, dan 20 audiens yang mengikuti acara secara luring. [Irwan-UGM Press/editor: Nanik]

Tags: 2022