Pelatihan Penyuntingan Naskah Buku Nonfiksi dan Sertifikasi Profesi Penulis dan Editor Profesional

Badan Penerbit dan Publikasi Universitas Gadjah Mada (BPP UGM) yang mengoordinasi kegiatan penerbitan dan percetakan di UGM Press menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Penyuntingan Naskah Buku Nonfiksi dan Sertifikasi Profesi Penulis dan Editor Profesional” bagi tim editorial UGM Press pada 29–30 Maret 2022 di Hotel Eastparc, Yogyakarta. Kegiatan yang diikuti oleh 15 orang peserta ini bertujuan agar para peserta yang merupakan editor UGM Press mampu meningkatkan kompetensi dalam menyunting naskah sesuai standar dan kaidah, lebih mampu mengenali kelemahan dan kesalahan sebuah naskah serta menerapkan aspek-aspek penyuntingan, dan mampu melakukan penyuntingan mekanis pada naskah buku yang akan diterbitkan oleh UGM Press. Selain itu, melalui kegiatan ini peserta mendapatkan sertifikat kompetensi profesi penulis dan editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi Penulis dan Editor Profesional yang ditunjuk.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Institut Penulis Indonesia, PT Inkubator Penulis Indonesia, Jakarta Pusat, yaitu Bambang Trimansyah, S.S. dan Epik Finilih, S.Si., serta dua orang asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi Penulis dan Editor Profesional, yaitu Dr. Sriyanto dan Sabjan Badio, M.Pd. Dalam sambutan pembukaannya, Kepala BPP UGM, Prof. Widodo, S.P., M.Sc., Ph.D. menyampaikan bahwa kemampuan dan kompetensi para penulis dan editor di UGM Press sangat perlu ditingkatkan, salah satunya melalui pelatihan ini. Di samping itu, uji kompetensi yang dilaksanakan dalam rangkaian pelatihan ini bisa menjadi pembuka bagi sivitas akademika UGM yang lain untuk nantinya juga bisa mendapatkan pelatihan dan sertifikat kompetensi profesi penulis dan editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi Penulis dan Editor Profesional.

Uji Sertifikasi Profesi Penulis dan Editor Profesional dilaksanakan dengan dua metode, yaitu portofolio dan uji kompetensi yang diikuti oleh semua peserta pelatihan. Uji kompetensi dilakukan sebagai salah satu kegiatan BPP UGM untuk menjaga kualitas penyuntingan naskah buku akademik di UGM Press. Dengan demikian kompetensi tim editor UGM Press dapat semakin terjaga kualitas dan profesionalitasnya. [Harman]

 

Tags: 2022