Benchmarking UNS Press di UGM Press

UGM Press menerima kunjungan dari UPT Universitas Sebelas Maret Press (UNS Press), Jumat (01/07/2022). Kunjungan ini dipimpin oleh Dr. Bedjo Riyanto, M.Hum., selaku Kepala UNS Press, diwakili oleh Koordinator Penerbitan dan Percetakan UNS Press, Arif Ranu Wicaksono, S.Kom., M.Kom., beserta staf UNS Press sebanyak 14 orang.

Kunjungan ini disambut oleh Kepala Bidang Penerbitan dan dan Percetakan UGM Press, Dr. I Wayan Mustika, S.T., M.Eng., didampingi oleh Koordinator Kantor dan Keuangan, M. Iwan Setiawan, A.Md.; Koordinator Penerbitan, Didi Junaedi, S.S.; Koordinator Pemasaran, Febriarto Wahyu Aji, S.Kom.; Koordinator Gudang, Jusak Harliandi; serta Koordinator Percetakan, Joni Hasim.

Arif Ranu Wicaksono menyatakan bahwa tujuan dari kunjungan ini adalah dalam rangka studi banding tentang pengembangan pengelolaan unit usaha penunjang dengan melakukan benchmark terhadap PTNBH lainnya, yaitu UGM Press, dalam melakukan pengelolaan usaha penunjang penerbitan dan percetakan. “Di samping itu, melalui studi banding ini kami juga ingin mengetahui dan menggali informasi terkait alur pengelolaan penerbitan, percetakan dan pemasaran yang telah dilakukan oleh UGM Press sebagai salah satu academic publisher bermutu tinggi di Indonesia,” imbuh Arif Ranu Wicaksono.

Lebih lanjut, Dr. Wayan Mustika yang menerima kunjungan tersebut sangat senang dan berterima kasih kepada rombongan UNS Press yang telah mengunjungi UGM Press. Dalam kesempatan ini pula, dijelaskan tentang berbagai macam fasilitas yang ada di UGM Press. “UGM Press berupaya menghasilkan buku-buku akademik yang berkualitas dan menjadi referensi, baik untuk skala nasional maupun internasional. Pada tahun 2020, UGM Press mengembangkan Sistem Informasi Penerbitan, Percetakan, dan Pemasaran UGM Press (SIGAP) untuk memudahkan pengelolaan penerbitan, percetakan, dan pemasaran,” ujar Dr. Wayan. [Irwan-UGM Press/editor: Nanik]

Tags: 2022