Bedah Buku “Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah”

Sabtu, 2 April 2022, KM & Partners berkolaborasi dengan UGM Press menyelenggarakan bedah buku Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah. Buku ini merupakan karya Richo Andi Wibowo, seorang dosen dan peneliti dengan minat riset kontrak pemerintah, pencegahan patologi birokrasi, tata kelola pemerintahan yang baik, dan perbandingan hukum administrasi di Departemen Hukum Administrasi Negara, Fakultas Hukum, Universitas Gadjah Mada. Acara diselenggarakan secara daring melalui Zoom dan streaming Youtube.

Buku ini awalnya merupakan disertasi penulis yang ditulis pada September 2012 hingga Maret 2017 di School of Law, Utrecht University, Belanda. Namun, kemudian dilakukan perombakan di beberapa bab guna menambahkan hal-hal penting yang tidak dapat atau tidak sempat dituangkan dalam naskah disertasi, seperti pada isu sosial yang berhubungan dengan isu hukum, khususnya isu ketidakpercayaan (distrust) yang merongrong legitimasi dan wibawa hukum. Penulis juga telah melakukan pemutakhiran informasi, khususnya pada aneka regulasi yang telah berubah, serta penstrukturan ulang beberapa bab untuk memastikan kenyamanan pembaca.

Kegiatan bedah buku ini dipandu pewara dari KM & Partners, Khalid Mustafa. Acara ini menghadirkan narasumber yang juga penulis buku, Dr. Richo Andi Wibowo, S.H., LL.M. Untuk pembedah buku, hadir Dosen dan Ketua Pusat Pengembangan Riset Sistem Peradilan Pidana (Persada) Universitas Brawijaya, Dr. Fachrizal Afandi; Peneliti Lembaga Kajian dan Advokasi Independence Peradilan (LeIP), Dosen STHI Jentera, Dr. Dian Rositawati; dan Procurement Specialist, Samsul Ramli, S.Sos., M.A.P., C.M.C., C.SCM (ITC).

Dr. I Wayan Mustika selaku Manajer UGM Press mengapresiasi penuh atas kegiatan bedah buku ini. “Penulis menggunakan pendekatan asas-asas umum tata kelola pemerintahan yang baik dan pendekatan perbandingan hukum (baik pada level konsep, regulasi, maupun kajian putusan) dengan Negara Belanda dan Inggris. Buku ini ditutup dengan temuan dan rekomendasi konseptual dan praktikal untuk lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif,” ujar Dr. Wayan.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan pemberian doorprize sebagai rangkaian acara terakhir kepada tiga peserta yang mengajukan pertanyaan terbaik di kolom komentar dan mampu menjawab pertanyaan yang disediakan oleh narasumber maupun pembedah buku. Mereka mendapatkan masing-masing satu eksemplar buku Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah, persembahan dari UGM Press. [Irwan-UGM Press/editor: Nanik]

Tags: 2022