Kunjungan Jusuf Kalla di Stand IIBF 2019 UGM Press

KUNJUNGAN JUSUF KALLA DI STAN UGM PRESS IIBF 2019

UGM Press hadir kembali tahun ini di Indonesia International Book Fair (IIBF) 2019. Pameran digelar di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Pameran buku bertaraf internasional ini diikuti oleh ratusan penerbit lokal dan 20 negara berpartisipasi serta berkontribusi. UGM Press sudah kelima kalinya turut serta dalam event ini. IIBF 2019 berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 04 hingga 08 September 2019.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam sambutannya pada pembukaan IIBF 2019 menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih karena Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) secara konsisten menggelar kegiatan pameran buku hingga mencapai yang ke-39 kali pada tahun ini. Untuk sebuah kegiatan, IIBF tergolong berusia cukup panjang. Anies juga mengapresiasi karena IKAPI telah secara maksimal menjaga keberlangsungan kegiatan tersebut. Dia berharap konsistensi IKAPI dapat membuahkan peningkatan kemampuan literasi bangsa Indonesia.

Kemeriahan semakin bertambah ketika Jusuf Kalla mengunjungi pameran di hari terakhir. Beliau juga berkunjung ke stan UGM Press. Koordinator Pemasaran UGM Press, Febriarto Wahyu Aji, menawarkan buku terbitan UGM Press, di antaranya buku berjudul Reformasi Tata Kepemerintahan karangan Prof. Dr. Sofian Effendi dan buku Administrasi Publik Desentralisasi Kelembagaan dan Aparatur Sipil Negara karangan Almarhum Prof. Dr. Agus Dwiyanto, S.U., MPA.

Jusuf Kalla menyatakan, pameran buku selalu saja menarik karena ada hal-hal baru yang didapatkan, baik pemikiran, politik, sejarah, keilmuan, agama, dan lain-lain. “Karena itulah saya senang dengan pameran ini dan saya lihat UGM Press justru yang paling banyak pengunjungnya dari kalangan mahasiswa,” ujar Jusuf Kalla.

“Suatu bangsa baru bisa maju kalau cerdas. Cerdas baru bisa dengan ilmu. Ilmu dengan cara membaca. Kalau tanpa membaca, bagaimana bisa memiliki ilmu. Kalau tidak punya ilmu, bagaimana bisa maju bangsa Indonesia,” lanjut Jusuf Kalla setelah membeli buku-buku UGM Press.

Kepala Badan Penerbit dan Publikasi UGM, Widodo, S.P., M.Sc., Ph.D., sangat memberikan apresiasi terhadap UGM Press karena dapat berpartisipasi kembali di IIBF sebagai upaya bersama untuk mengembangkan industri penerbitan dan perbukuan, dan untuk memajukan literasi Indonesia ke depan.

“Kehadiran UGM Press di IIBF 2019 dapat menghasilkan output yang baik untuk mencapai target kinerja pemasaran buku melalui keikutsertaannya dalam event-event yang diadakan oleh IKAPI,” kata Widodo.

“Saya harap keikutsertaan UGM Press di IIBF ini menjadi platform dengan mengantisipasi berbagai perubahan di dunia, di mana telah terjadi konvergensi dalam industri kreatif untuk menciptakan lebih banyak nilai tambah bagi perekonomian kita,” pungkasnya. (Irwan/UGM Press)

Tags: 2019