The 4th ICST (International Conference on Science and Technology) Sukses Diselenggarakan oleh BPP

Sedikitnya 266 peserta dari 12 negara mengikuti rangkaian acara ICST (International Conference on Science and Technology) ke-4 yang diselenggarakan oleh Badan Penerbit dan Publikasi UGM di Hotel Eastparc Yogyakarta pada tanggal 7-8 Agustus 2018. Acara ini merupakan platform yang ideal bagi para peneliti, dosen, dan praktisi untuk mempresentasikan gagasan serta inovasi di bidang sains dan teknologi.

Ketua Panitia, Dr. I Wayan Mustika, M.Eng. mengatakan bahwa terdapat 266 peserta dari 12 negara yang memaparkan hasil penelitiannya dalam konferensi ini. Makalah yang dipresentasikan dalam konferensi selanjutnya akan di-submit di jurnal/prosiding terindeks Scopus seperti IEEE Xplore Digital Library, Scientific Net, Indonesian Journal of Chemistry, E3S Web of Conference, dan Trans Tech Publications.

 Acara dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Gadjah Mada (Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng) yang didampingi oleh Wakil Rektor bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan (Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr.), Kepala Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) UGM (Widodo, M.Sc., Ph.D.), dan ketua ICST 2018 (Dr. I Wayan Mustika, M.Eng.).

Selama dua hari, BPP menghadirkan 9 keynote dan invited speakers. Pada hari pertama materi disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Fitri Yuli Zulkifli, S.T., M.Sc. dari Universitas Indonesia yang membawakan topik Terahertz Research a Potential Technology for the Future, selanjutnya dihadirkan Gerard Remijn, Ph.D dari Kyushu University, Japan yang membawakan topik Perception of Audiovisual Information in the Real and Virtual World”, dan Dr.-Ing Hutomo Suryo Wasisto dari Technische Universität Braunschweig, Germany dengan topik 3D Semiconductor Nanostructure: Fabrication, Processing and Application”.

 Pada hari kedua, dihadirkan Dr. Deendarlianto, S.T., M.Eng dari Universitas Gadjah Mada yang membawakan topik “International Efforts of the Hydrodynamics Investigations during the Severe Slugging of Gas-liquid in a Complex Multiphase Flow Pipeline System”, Prof. Dr.-Ing. Azhar Zam dari University of Basel, Switzerland dengan topik “Advances in Optical and Opto-Acoustical Sensor for Smart Laser Surgery System”, dan Assoc. Prof. Dr. Rohayu Che Omar (P.Geol) dari Universiti Tenaga Nasional , Malaysia dengan topik “Integrated Evaluation of Landslide Hazard Zone for Land Suitability Restriction Information”.

Kepala BPP, Widodo, M.Sc., Ph.D. menyampaikan dalam closing remark bahwa dari 397 submitted papers hanya 266 yang diterima. Diharapkan melalui program conference annual yang diselenggarakan BPP akan meningkatkan minat serta keunggulan peneliti di Indonesia dalam publikasi internasional. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembacaan best paper awards pada masing-masing simposium dan diakhiri dengan sesi foto bersama. (BPP/Laras)