Rektor UGM Buka Konferensi Internasional BioMIC 2019

BioMIC kembali digelar oleh Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) UGM untuk kali kedua pada 12–13 September 2019 bertempat di Eastparc Hotel, Yogyakarta. BioMIC merupakan rangkaian dari konferensi ilmiah UASC (UGM Annual Scientific Conference) yang memberikan platform akademis ideal bagi para peneliti untuk mempresentasikan hasil penelitian bidang bioteknologi, bioinformatika, dan teknik biomedis. Penyelenggaraan BioMIC tahun 2019 ini juga merupakan salah satu rangkaian perayaan Lustrum ke-14 yang diinisiasi oleh BPP UGM selain konferensi ICST yang telah dilaksanakan pada Juli 2019.

Sejak kali pertama diselenggarakan pada tahun 2018, BioMIC mampu menarik minat peneliti baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk mempresentasikan hasil penelitiannya. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan pelaksanaan BioMIC yang kembali diselenggarakan dengan peningkatan kuantitas dan kualitas baik dari jumlah peserta, narasumber yang dihadirkan, dan publikasi luaran hasil konferensi. Dengan hal ini, BioMIC semakin menguatkan diri untuk menjadi konferensi yang semakin dicari para peneliti bidang bioteknologi, bioinformatika, dan teknik biomedis.

Pada tahun kedua penyelenggaraannya, BioMIC menghadirkan pakar dari berbagai negara, seperti Prof. Yasubumi Sakakibara (Keio University, Jepang), Prof. Hirohiko Okamura (Okayama University, Jepang), Prof. James Goh (National University of Singapore, Singapura), Assoc. Prof. Dr. Jose Guiterrez-Marcos (The University of Warwick, Inggris), Univ.Prof. Dietmar Haltrich, Dipl.-Ing. Dr.techn. (University of Natural Resources and Life Science, Austria), Assoc. Prof. Takayuki Tohge, Ph.D. (Nara Institute of Science and Technology, Jepang), Prof. Shun Hirota (Nara Institute of Science and Technology, Jepang), Prof. Dr. Sunarti, M.Kes. (Universitas Gadjah Mada, Indonesia), dst.

Setiap penyelenggaraannya, jumlah peserta BioMIC terus meningkat. Pada tahun 2019 ini, peserta yang mempresentasikan makalahnya sebanyak 108 orang dengan total naskah masuk sebanyak 162 naskah dan 5 peserta non-presenter. Lingkup asal peserta konferensi pun semakin luas. Pada tahun ini, pendaftar kegiatan BioMIC 2019 berasal dari Indonesia, Inggris, Taiwan, Jepang, Jerman, Sri Lanka, Malaysia, dan Perancis. BioMIC terdiri dari enam simposium, yaitu Bioinformatics and Biological Data Mining (10 naskah), Biomedical Engineering and Technology (14 naskah), Biomedical Sciences (17 naskah), Biomolecular and Biotechnology (33 naskah), Drug Development and Nutraceutical (20 naskah) dan Public Health (14 naskah). Luaran dari hasil konferensi pada tahun ini akan dipublikasikan di jurnal dan prosiding terindeks yang telah bekerja sama dengan BioMIC 2019, yaitu IEEE Conference Proceeding, Indonesian Journal of Pharmacy, Traditional Medicine Journal, Indonesian Journal of Cancer Chemoprevention, Indonesian Journal of Biotechnology, Malaysian Journal of Medicine & Health Sciences, dan Research Journal of Biotechnology.

Tags: 2019