Peluncuran dan Bedah Buku Kata Bersama: Antara Muslim dan Kristen

Buku berjudul Kata Bersama antara Muslim dan Kristen merupakan edisi bahasa Indonesia yang diperluas dari buku  Muslim and Christian Understanding: Theory and Application of “A Common Word Between You and Us”. Buku yang merupakan tindak lanjut dari prakarsa “Kalimatun Sawa’ “ atau “A Common Word”, berupa surat pernyataan  138 wakil tokoh intelektual, mufti, dan ulama Islam seluruh dunia tentang hubungan Islam dan Kristen, ini diterbitkan oleh UGM Press. 

Kamis, 23 Agustus 2019 di Balai Senat UGM, Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) Universitas Gadjah Mada meluncurkan buku yang disunting oleh Waleed El-Ansary, David K. Linnan, Siti Ruhaini Dzuhayatin, Paripurna P. Sugarda, dan Harkristuti Harkrisnowo.  Acara ini menghadirkan para penulis dan editor buku, di antaranya Prof. David K. Linnan (University of South Carolina) dan Siti Ruhaini Dzuhayatin (Staf Khusus Presiden). Selain itu, para pakar teologi komparatif juga diundang untuk membedah buku, di antaranya Yenny Wahid (Wahid Foundation), Zinal Abidin B. (Indonesian Consortium for Religious Studies, ICRS), serta Abdul Gaffar (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, UGM).   

Keberadaan buku Kata Bersama antara Muslim dan Kristen sangat dinantikan di tengah situasi sosial Indonesia yang sedang riuh oleh isu penistaan agama dan berbagai konflik baik intra maupun antar agama. Butuh waktu lebih dari 5 tahun untuk proses penerbitan buku ini di Indonesia. Pasca-Pilpres 2019 dirasa menjadi waktu yang tepat melihat kondisi masyarakat yang sudah lebih tenang dari berbagai konflik yang berlatar belakang agama. 

Launching dan bedah buku Kata Bersama: Antara Muslim dan Kristen juga merupakan salah satu rangkaian perayaan Dies ke-70 dan Lustrum ke-14 Universitas Gadjah Mada. Pada usia yang ketujuh puluh tahun ini, UGM semakin menegaskan diri menjadi universitas yang humanis dengan berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.  UGM sebagai universitas Pancasila memandang pentingnya ruang diskusi terkait permasalahan antar dan intra agama di Indonesia yang pada kurun waktu terakhir semakin mencemaskan dan mengarah pada diskriminasi minoritas pemeluk agama di berbagai wilayah.  

Buku Kata Bersama antara Muslim dan Kristen resmi diluncurkan oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni, Paripurna P. Sugarda, dengan pemukulan gong di hadapan 350 peserta dan tamu undangan yang datang dari berbagai kalangan. Acara ini mengundang Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Yogyakarta serta pimpinan organisasi dan kelompok keagamaan. Antusiasme terlihat dari seluruh peserta dan tamu undangan yang hadir.  

Tags: 2019