Nature Masterclasses Workshop 2019

Dalam rangka meningkatkan kualitas penerbitan artikel jurnal agar dapat diterbitkan di jurnal-jurnal internasional yang ber-impact factor tinggi, Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) UGM berkolaborasi dengan Nature Research menyelenggarakan Nature Masterclasses Workshop 2019. Workshop ini merupakan agenda kolaborasi kedua antara BPP dengan Nature Research setelah Nature Research Academies Workshop 2019 yang dihelat pada Bulan Mei 2019. Hadir sebagai pemateri adalah Louise Adams, Ph.D. (Senior Editor Nature Review Disease Primers) dan Kyle Legate, Ph.D. (Senior Editor and Team Manager, Nature Communications) di Springer Nature.

Acara yang berlangsung selama dua hari (9–10 Juli 2019) di Ruang Multimedia I, Kantor Pusat UGM, dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) UGM, drg. Ika Dewi Ana, Ph.D. Dalam sambutan pembukaannya, Dr. Ika menyampaikan bahwa “UGM selalu berupaya untuk memberi dampak nyata pada perkembangan keilmuan. Oleh karena itu, Nature Masterclasses Workshop 2019 merupakan salah satu usaha untuk mendukung upaya tersebut. Oleh karena itu, workshop seperti ini harus diselenggarakan secara berkelanjutan. Melalui workshop ini diharapkan para dosen UGM dapat lebih giat dalam menulis dan mempublikasikan karya-karyanya ke dalam jurnal internasional.”

Pada hari pertama, Dr. Louise dan Dr. Kyle secara bergantian memaparkan secara mendalam tentang teknis penulisan ilmiah yang baik. Selama workshop berlangsung, pemateri menyampaikan paparannya secara interaktif dan diikuti dengan latihan-latihan, sehingga para peserta sangat antusias mengikuti workshop dari awal hingga akhir. Pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan mereview abstrak yang telah dibuat oleh peserta pada hari sebelumnya. Pemateri memaparkan proses editorial dan peer review, dalam hal ini dijelaskan kiat menulis komentar yang baik ketika menanggapi komentar pengulas. Selanjutnya, dijelaskan teknik menulis ringkasan penelitian yang menarik, dan plagiarisme serta masalah etika yang harus dilakukan dalam proses kegiatan menulis.

Rangkaian acara kemudian ditutup oleh Kepala Badan Penerbit dan Publikasi UGM, Dr. Widodo, “Melalui workshop dua hari ini, kami berharap dapat dihasilkan artikel jurnal yang siap untuk diterbitkan di jurnal ber-impact factor tinggi dalam waktu yang tidak lama lagi. Karena itu, tugas dari seluruh peserta adalah menyelesaikan draft-draft publikasi yang telah dibuat”. [Nopi/BPP]