ITS Press Studi Banding Penerbitan dan Percetakan ke UGM Press

UGM Press menerima kunjungan ITS Press di bawah koordinasi Badan Pengembangan dan Pengelola Usaha (BPPU) ITS Surabaya. Rombongan datang ke UGM Press dalam rangka studi banding tentang pengembangan pengelolaan unit usaha penunjang dengan melakukan benchmark dengan PTNBH lainnya, yaitu UGM Press, dalam melakukan pengelolaan usaha penunjang penerbitan dan percetakan. Kunjungan studi banding tersebut dipimpin Kepala UPT ITS Press, Bambang Tristiyono, S.T., M.Si., dan Kepala Bagian Tata Usaha BPPU ITS, Sugeng Pranoto, S.H.

Manajer UGM Press, Dr. I Wayan Mustika mengapresiasi kunjungan ITS Press. Menurutnya, perguruan tinggi harus siap menghadapi tantangan dan peluang dalam mengelola usaha percetakan dan penerbitan di era Revolusi Industri 4.0.

Dr. Wayan menegaskan pentingnya manajemen alur pengelolaan percetakan dan penerbitan yang telah dilakukan oleh UGM Press dalam mengembangkan academic publisher untuk dapat menghasilkan karya yang berkualitas. “UGM Press berupaya menghasilkan buku-buku akademik yang berkualitas dan menjadi referensi, baik untuk skala nasional maupun internasional. Pada tahun ini, UGM Press mengembangkan Sistem Informasi Penerbitan UGM Press (SIGAP) untuk memudahkan pengelolaan penerbitan dan percetakan,” ujar Dr. Wayan, Kamis (25/7/2019).

“SIGAP dapat memberikan manfaat besar bagi seluruh civitas akademika, terutama penulis dan internal UGM Press untuk bisa mengetahui progres naskah dan lain-lain,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala UPT ITS Press, Bambang Tristiyono, S.T., menuturkan bahwa pihaknya melakukan studi banding ini terkait alur pengelolaan percetakan dan penerbitan yang telah dilakukan oleh UGM Press sebagai salah satu academic publisher bermutu tinggi di Indonesia.

Acara ini juga dihadiri Koordinator kantor dan Keuangan UGM Press, M. Iwan Setiawan dan Koordinator Pemasaran UGM Press, Febriarto Wahyu Aji. (Irwan/UGM Press)