Insan Berprestasi Bidang Publikasi Tahun 2018

Universitas Gadjah Mada kembali memberikan penghargaan kepada civitas akademika dan alumni UGM yang berprestasi pada Kamis, 15 November 2018 di Grha Saba Pramana. Pada acara Malam Anugerah Insan UGM Berprestasi tersebut, melalui Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) UGM, universitas memberikan penghargaan kepada enam civitas akademika UGM yang selama tahun 2018 telah berprestasi di bidang publikasi dan pengelolaan jurnal ilmiah. Berdasarkan proses seleksi dan penilaian, terpilih enam nama penerima penghargaan bidang publikasi. Keenam civitas akademika penerima penghargaan Insan UGM Berprestasi berhasil memublikasikan karya ilmiahnya di jurnal internasional bereputasi sehingga berdampak positif pada reputasi UGM di level internasional.

Dr. Amelia Maika, S.Sos., MA., M.Sc dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menerima penghargaan publikasi terbaik bidang sosial-humaniora melalui publikasinya di American Journal of Epidemiology untuk artikel berjudul “Associations of Early- and Later-Childhood Poverty with Child Cognitive Function in Indonesia: Effect Decomposition in the Presence of Exposure-Induced Mediator-Outcome Confounding”.  Dr. Widiastuti Setyaningsih, S.T.P., M.Sc. dari Fakultas Teknologi Pertanian menerima penghargaan publikasi terbaik bidang agro melalui publikasinya di jurnal Food Chemistry untuk artikel berjudul “Multiresponse Optimization of A UPLC Method for The Simultaneous Determination of Tryptophan And 15 Tryptophan-Derived Compounds Using a Box-Behnken Design with a Desirability Function”. Publikasi terbaik bidang kesehatan diberikan kepada dr. Muhammad Bayu Sasongko, M.Epi, Ph.D., Sp.M. dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, untuk artikelnya yang berjudul “Prevalence of Diabetic Retinopathy and Blindness in Indonesian Adults With Type 2 Diabetes” di American Journal of Ophthalmology. Publikasi terbaik di bidang sains diterima oleh Moh. Adhib Ulil Absor, M.Sc., Ph. D dari Fakultas MIPA untuk artikelnya berjudul “Defect-Induced Large Spin-Orbit Splitting in Monolayer PtSe2” yang terbit di jurnal Physical Review B. Di bidang Engineering, publikasi terbaik diterima oleh Dr.Ing. Teguh Ariyanto, S.T., M.Eng. dari Fakultas Teknik untuk artikelnya berjudul “Controlled Synthesis of Core-Shell Carbide-Derived Carbons Through in Situ Generated Chlorine” yang terbit di jurnal Carbon. Berbeda dengan lima kategori sebelumnya, Siti Nurleily Marliana, S.Si., M.Sc., Ph.D. dari Fakultas Biologi yang merupakan Managing Editor Indonesian Journal of Biotechnology (IJBiotech) menerima penghargaan sebagai pengelola jurnal terbaik. Siti Nurleily Marliana, S.Si., M.Sc., Ph.D. telah berprestasi membawa IJBiotech accepted di Scopus dalam jangka waktu 3 bulan 13 hari pada 16 Juni 2018, IJBiotech re-akreditasi pada 9 Juli 2018, IJBiotech terindeks DOAJ pada 16 September 2018, selain itu juga  berperan aktif memberikan pendamping indeksasi jurnal-jurnal di UGM menuju Scopus.

Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat civitas akademika UGM untuk memublikasikan karya ilmiahnya di jurnal internasional bereputasi. Selain itu, UGM juga terus mendorong peningkatan pengelolaan jurnal-jurnal UGM melalui indeksasi, akreditasi, peningkatan kualitas tampilan website, dan modernisasi layout artikel sehingga peran para pengelola jurnal menjadi ujung tombak keberhasilan jurnal-jurnal di UGM. [Kiki]

Tags: 2018