Diskusi Bedah Buku Bahan Ajar Mikrobiologi

Perpustakaan Fakultas Biologi UGM kembali mengadakan agenda kegiatan Diskusi Bedah Buku dari terbitan UGM PRESS dengan judul Bahan Ajar Mikrobiologi. Bedah buku kali ini dilaksanakan pada hari Jumat, 5 Juli 2019, di Ruang Seminar Fakultas Biologi UGM,  sebagai salah satu rangkaian acara Dies Natalis Fakultas Biologi yang ke-64. Narasumber utama pada diskusi ini yaitu Dr. Endah Retnaningrum S.Si., M.Eng. dan Dr. Miftahul Ilmi M.Si..

Diskusi Bedah Buku Bahan Ajar Mikrobiologi 

Kerja Sama antara Perpustakaan Fakultas Biologi UGM dengan Penerbit UGM Press

dalam Rangka Dies Fakultas Biologi UGM yang Ke64

Bedah buku kali ini mengupas tentang buku Bahan Ajar Mikrobiologi terbitan UGM Press yang sangat mendapat antusias dari peserta. Buku ini merupakan buku yang membahas mikrobiologi secara umum. Buku ini berbeda dengan bahan ajar mikrobiologi lainnya yang biasanya spesifik terhadap ilmu aplikasi di bidang pertanian, bidang kesehatan, atau bidang lainnya. Buku Bahan Ajar Mikrobiologi diperuntukkan bagi mahasiswa S-1, tetapi buku ini juga dapat dibaca oleh khalayak umum. Pengetahuan mengenai mikrobiologi dasar diperlukan bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa biologi. Hal ini terkait dengan peran mikrobia yang sangat penting dalam kehidupan. Dr. Miftahul Ilmi, M.Si. juga menambahkan bahwa untuk menunjang pemahaman mengenai mikrobiologi harus mempelajari ilmu biokimia dan biologi sel molekuler. Selain itu, buku ini juga membahas secara singkat tentang metode yang digunakan dalam praktik keilmuan mikrobiologi.

Selain bedah buku, acara ini juga merupakan bentuk kerja sama dengan UGM Press untuk memperkenalkan buku-buku hasil karya dosen-dosen UGM. Khusus pada acara ini, buku-buku tersebut didiskon sebanyak 20%. Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Senat Fakultas Biologi Prof. Dr. Suwarno Hadisusanto dan Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset, dan Sumber Daya Manusia Fakultas Biologi UGM. Pada akhir acara ini, dibagikan door prize berupa buku Bahan Ajar Mikrobiologi kepada 5 audiens yang sudah bertanya. Acara ini dihadiri oleh sekitar 80 peserta dari berbagai jenjang pendidikan yang tentunya tertarik dengan mikrobiologi.

Buku ini sangat direkomendasikan bagi pemula yang akan tertarik untuk mempelajari mikrobiologi. Beberapa audiens sangat tertarik dengan mikrobiologi terkait dengan aplikasinya dalam kehidupan sehari-sehari. Dr. Endah Retnaningrum, S.Si., M.Eng. juga memaparkan beberapa aplikasi mikrobiologi dalam kehidupan sehari-hari, contohnya mikrobiologi dalam pembuatan tape melalui fermentasi yang kadar alkoholnya dapat dikendalikan melalui jumlah ragi yang diaplikasikan dan bagaimana mikrobia diperkenalkan kepada bayi yang baru lahir agar pencernaan bayi dapat bekerja dengan baik.

Manajer UGM Press, Dr. I Wayan Mustika, menyambut baik kegiatan bedah buku Perpustakaan Fakultas Biologi UGM. “Buku Bahan Ajar Mikrobiologi membantu mahasiswa memahami dan mempersiapkan diri dalam perkuliahan maupun melalui pustaka yang terkait (learning to know),” ujar Wayan.

Kepala Badan Penerbit dan Publikasi UGM, Dr. Widodo, mengapresiasi kegiatan bedah buku tersebut. “Semoga kegiatan bedah buku seperti ini terus berlanjut, kerja sama dengan UGM Press dalam mempromosikan karya Akademik semakin diminati para penulis khususnya para dosen di Fakultas Biologi UGM, Dirgahayu Fakultas Biologi UGM yang ke-64,” Ujar Widodo. (Irwan/UGM Press)