BPP Kembali Gelar Klinik Open Journal System (OJS) Basic

Pada Kamis, 8 Februari 2018, Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) UGM kembali menyelenggarakan Klinik Open Journal System (OJS) Basic yang bertempat di Ruang Mulimedia I, Gedung Pusat UGM. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk membantu para pengelola jurnal dalam meningkatkan kualitas tampilan dan konten jurnal elektronik yang dikelola. Dalam pelatihan ini hadir sebagai narasumber,  Bapak Andrian Dion Priadi, S.Kom. dari Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM. Agenda utama dalam kegiatan ini adalah membimbing para pengelola jurnal mulai dari tahap set up, sampai dengan memperbaiki tampilan jurnal online agar sesuai dengan standar akreditasi nasional Dikti dan Lembaga Pengindeks Internasional.

Online Journal System dikembangkan untuk memfasilitasi akses penelitian ilmiah yang lebih mudah dan luas dengan menyediakan platform open-source. Berdasarkan Surat Edaran Dirjen DIKTI No. 2050/E/T/2011 tentang Kebijakan Unggah Karya Ilmiah dan Jurnal yang mengharuskan mengunggah jurnal dalam jaringan yang sudah diatur, tentu lebih mendorong bahwa pelatihan Open Journal System ini dapat menjaga dan meningkatkan mutu e-journal serta mendorong percepatannya untuk akreditasi nasional dan atau bereputasi internasional.

Universitas Gadjah Mada melalui Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) telah membangun sebuah sistem open-source berbasis web yang menjadi rumah bagi jurnal-jurnal elektronik di UGM yang dapat diakses melalui laman web www.jurnal.ugm.ac.id. (BPP/Laras)

                                                   

(Peserta Klinik OJS)