BPP Kawal Kesiapan Jurnal UGM untuk Proses Indeksasi

Jurnal internasional bereputasi adalah jurnal yang memenuhi kriteria jurnal internasional dengan kriteria tambahan terindeks oleh database internasional. Indeksasi merupakan proses untuk mendaftarkan jurnal pada lembaga pengindeks bereputasi. Indeksasi jurnal pada DOAJ dan Scopus menjadi  salah satu target dalam upaya peningkatan reputasi UGM di tingkat internasional.

Pada 16 dan 17 September 2019 bertempat di Ruang Multimedia 1, BPP menyelenggarakan workshop indeksasi dan persiapan akreditasi jurnal UGM. Hadir sebagai narasumber pada hari pertama yaitu Prof. Dr. rer.nat. Nuryono selaku Editor in Chief Indonesian Journal of Chemistry (IJC) dan Dr. Siti Nurleily Marliana, M.Sc., dari Fakultas Biologi. Prof. Nuryono membahas tentang kriteria minimum evaluasi oleh Scopus meliputi kebijakan jurnal, konten, reputasi kinerja editorial board, dan ketersediaan online. Sementara itu, Dr. Siti Nurleily Marliana, M.Sc., melakukan identifikasi dan evaluasi kesiapan jurnal Power, Conflict, and Democracy (PCD) Journal, Ilmu Pertanian (Agricultural Science), dan Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems (IJCCS) untuk menuju indeksasi ke Scopus.

Andri Putra Kesmawan, MIP sebagai narasumber workshop pada hari kedua melakukan screening manajemen jurnal pada jurnal Review of Primary Care Practice and Education (RPCPE), Journal of Community Empowerment for Health (JCOEMPH), Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JSP), Jurnal Sains Veteriner (JSV), dan Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia (JPKI). Screening tersebut dilakukan untuk mengetahui kesiapan jurnal sebelum diajukan akreditasi/re-akreditasi. Pada akhir workshop, Dr. Purwani Istiana, MA., melakukan pendampingan untuk empat jurnal yang akan disubmit ke DOAJ, yaitu IKAT, Journal of Leadership in Organizations, Gadjah Mada Journal of Psychology, dan Gadjah Mada Journal of Professional Psychology. (BPP UGM/Syahrul & Kiki)

Tags: 2019