BPP Gelar Workshop Nature Research Academies 2019

Dalam rangka mendorong civitas akademika UGM dalam mempublikasikan karya penelitian di jurnal Internasional dan meningkatkan kualitas penulisan, BPP berkolaborasi dengan Nature Research Academies menyelenggarakan workshop dua hari (2-3 Mei) dengan judul “Workshop Nature Research Academies 2019”. Bertempat di ruang Seminar Lt. 5 Gedung Pascasarjana UGM, workshop ini diikuti oleh para dosen dan peneliti dari berbagai fakultas di UGM. Hadir sebagai pemateri dalam workshop tersebut adalah Dr. Jeffrey Robens, Manajer Pengembangan Editorial Nature Research.

Dalam workshop dua hari, Dr Jeffrey Robens memadukan materi-materi penting yang perlu dikuasai oleh calon penulis. Pada hari pertama materi difokuskan pada teknik penulisan dengan contoh-contoh kasus dan strategi pencapaiannya, sedangkan pada hari kedua materi difokuskan pada cara jitu agar artikel yang kita tulis dapat diterima di jurnal internasional bermutu. Hari pertama yang terdiri dari lima sesi disampaikan tentang teknik penulisan akademik yang efektif-logis dengan struktur penyampaian yang baik, pentingnya pengunaan kalimat aktif di dalam tulisan ilmiah, mekanisme kerangka penulisan ilmiah, penyajian hasil/diskusi/kesimpulan karya ilmiah, dan cara untuk membuat judul/abstrak/kata kunci yang baik. Hari kedua terdiri dari lima sesi yang membahas tentang etika publikasi, strategi pengajuan naskah, pengecekkan peer review, pembuatan poster dan slide presentasi, serta skill presentasi.

Selama workshop berlangsung Dr. Jeffrey Robens menyampaikan paparannya secara interaktif, sehingga para peserta sangat antusias mengikuti workshop dari awal hingga akhir. Sebagai pemateri, Dr. Jaffrey Robens memberikan kesempatan kepada seluruh peserta untuk memperdalam materi yang disampaikan melalui sesi diskusi dan pemecahan masalah dari permasalahan-permasalahan riil yang pernah dihadapi oleh para peserta.

Workshop Nature Reserch Academis 2019 juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM, drg. Ika Dewi Ana, M.Kes., Ph.D., yang sekaligus memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya, drg. Ika Dewi Ana, M.Kes., Ph.D. sangat mengapresiasi penyelenggaraan workshop. “Sejak didirikan UGM selalu berupaya untuk memberi dampak nyata bagi masyarakat dan khasanah perkembangan keilmuan. Karena itu, Workshop Nature Research Academies 2019 merupakan salah satu upaya ke arah tersebut, sehingga workshop seperti ini harus diselenggarakan secara berkelanjutan. Melalui Workshop Nature Research Academies 2019 diharapkan para dosen UGM dapat lebih giat dalam menulis dan mempublikasikan karya-karyanya ke dalam jurnal Internasional bermutu”. [Nopi]