Language Editing Program 2018



Informasi terkait Enago

Daftar jurnal terindeks Scopus

Daftar jurnal tidak terindeks Scopus

Waktu

31 Jan – 20 Nov 2018 BUKA


Pembaruan terakhir

27 April 2018


Informasi terkait language editing program dapat menghubungi proofread@ugm.ac.id

Dampak suatu hasil penelitian terhadap dunia ilmu pengetahuan ditentukan oleh jumlah pembaca (readership) publikasinya. Dalam hal ini, readership sangat ditentukan oleh reputasi jurnal ilmiah di mana manuskrip tersebut dipublikasikan. Bagi ilmuwan yang bukan penutur asli Bahasa Inggris, mempublikasikan manuskrip di jurnal ilmiah internasional bereputasi merupakan tantangan tersendiri, karena kebanyakan jurnal dalam kategori tersebut diterbitkan dalam Bahasa Inggris. Dengan demikian, kualitas Bahasa Inggris dalam suatu manuskrip ilmiah ikut menentukan kesuksesan diterimanya manuskrip tersebut di jurnal internasional bereputasi.

Untuk mendukung program peningkatan reputasi UGM di bidang publikasi ilmiah dan meningkatkan kontribusi dosen UGM terhadap peningkatan ilmu dan teknologi, Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) UGM menawarkan bantuan layanan perbaikan kualitas Bahasa Inggris manuskrip dalam bentuk skema bantuan language editing untuk publikasi manuskrip di jurnal internasional bereputasi bagi civitas akademika UGM. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan kesempatan diterimanya manuskrip civitas akademika UGM pada jurnal internasional bereputasi.

Skema bantuan pengeditan Bahasa Inggris ini terbuka bagi civitas akademika UGM yang memiliki manuskrip siap untuk dipublikasikan dan/atau sudah diajukan pada jurnal yang kriterianya sesuai dengan ketentuan dari BPP, tetapi diminta memperbaiki bahasanya. Manuskrip yang lolos seleksi akan mendapatkan layanan pengeditan bahasa profesional, dan diharapkan nantinya tidak akan mengalami penolakan oleh jurnal yang disasar akibat kualitas Bahasa Inggris yang kurang memadai.

Kemitraan BPP dan Enago

Skema pengeditan bahasa ini merupakan kerjasama antara BPP UGM dan Enago, penyedia layanan Bahasa Inggris internasional yang menawarkan penyuntingan bahasa, bantuan publikasi, terjemahan, dan layanan lainnya yang terkait dengan proses publikasi. Enago juga menyelenggarakan lokakarya dan seminar untuk para peneliti dan pelajar pemula, terutama bagi mereka yang bukan merupakan penutur asli Bahasa Inggris. Melalui kemitraan BPP UGM dengan Enago, para penulis di UGM berkesempatan memaksimalkan visibilitas penelitian mereka,  dan dengan demikian membawa UGM untuk lebih unggul di tingkat internasional.

BPP mendorong penulis yang sesuai dengan kriteria tersebut di atas untuk mengajukan proposal pengeditan bahasa beserta naskahnya. Langkah pengajuan proposal adalah sebagai berikut:

1. Ikuti Panduan Bantuan Language Editing 2018
Lihat panduan
 
2. Susun Proposal Bantuan Language Editing 2018
Unduh proposal
 
3. Lakukan input data pada SIMASTER
Lihat panduan
 
Input data sekarang