Author Workshop on Academic Writing and Publishing 2019

Badan Penebit dan Publikasi (BPP) UGM kembali mengadakan Author Workshop on Academic Writing and Publishing 2019 untuk civitas akademika UGM khususnya dosen dan tenaga kependidikan dengan peserta sebanyak 280 orang pada Senin, 21 Oktober 2019 yang bertempat di Auditorium Lantai 5 Gedung Sekolah Pascasarjana UGM. Acara dibuka oleh Kepala BPP UGM, Widodo, M.Sc., Ph.D. Dalam sambutannya, kepala BPP menyampaikan bahwa ke depannya acara ini akan menjadi agenda rutin dan bagi mahasiswa S2 dan S3 UGM akan diwajibkan agar lebih tergugah dalam menghasilkan paper untuk dipublikasikan di jurnal bereputasi melalui tugas akhirnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun guna memfasilitasi civitas akademika UGM dalam proses penulisan hingga publikasi karya ilmiahnya. Selain meningkatkan kuantitas publikasi civitas akademika UGM di jurnal internasional bereputasi, BPP UGM juga merancang berbagai skema guna meningkatkan kualitas artikel ilmiah yang dipublikasikan. Salah satu upaya tersebut ialah dengan menghadirkan Enago Academy sebagai narasumber pada workshop kali ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Enago Academy merupakan lembaga penyedia jasa di bidang penulisan ilmiah, salah satunya untuk artikel jurnal. BPP telah bekerja sama dengan Enago Academy pada berbagai kesempatan sebelumnya, termasuk pada skema Bantuan Language Editing yang membantu penulis di UGM untuk memperbaiki manuskripnya sebelum di-submit di jurnal yang disasar. Dr. Gretchen Head dari Enago Academy hadir sebagai narasumber.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam paparannya, Dr. Gretchen menjelaskan tentang pentingnya kualitas penulisan suatu artikel, baik dari segi bahasa maupun tata bahasanya, supaya menjadi kiat sukses diterimanya artikel tersebut dalam jurnal internasional yang dituju. Lalu, pada sesi selanjutnya Dr. Gretchen membantu para peserta untuk dapat lebih memahami konsep dasar dari sitasi, referensi, dan plagiarisme sehingga dapat digunakan dengan benar dalam proses penulisan artikel. Kegiatan workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi civitas akademika UGM serta mampu meningkatkan sitasi UGM secara keseluruhan. (Kiki&Rafiey)

Tags: 2019